Site icon Interuscru.com – Informasi Olahraga, Selebriti, dan E-sports

5 Jenis Olahraga Ekstrim Paling Populer di Dunia

Ada banyak sekali jenis olahraga ekstrim yang bisa kamu lakukan di era modern ini. Olahraga satu ini sangat digandrungi di berbagai belahan dunia. Namun tidak seperti olahraga pada umumnya, olahraga ekstrim tentu memiliki risiko yang jauh lebih besar.

Seringkali melakukan olahraga satu ini mendongkrak adrenalin kamu ke titik puncak. Untuk melakukan olahraga tersebut, tentu saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Baca Juga : Tips Bermain Free Fire untuk Memperbesar Kemungkinan Menang

Salah satunya adalah memiliki keberanian yang tinggi. Ketika olahraga ekstrim ini gagal dilakukan, risikonya tidak hanya cedera saja. Banyak pelaku olahraga ekstrim yang terpaksa harus meregang nyawa akibat hobi mereka ini.

Jenis Olahraga Ekstrim Paling Populer di Dunia

Beberapa waktu belakangan ini, ada 5 olahraga ekstrim yang sangat populer di seluruh penjuru dunia. Pecinta olahraga ekstrem tersebut tersebar di berbagai wilayah termasuk salah satunya di Indonesia. Pelakunya sendiri datang dari berbagai kalangan dari mulai anak muda hingga orang tua. Lantas apa saja deretan olahraga ekstrim tersebut?

1. Parkour

Jenis olahraga ekstrim yang pertama adalah parkour. Ketika kamu melakukan olahraga satu ini, dibutuhkan kehati-hatian yang sangat besar. Jika pelaku parkour tidak hati-hati, ada risiko fatal yang mengintai. Diantaranya adalah mengalami patah tulang hingga mengeluarkan darah akibat benturan.

Ketika bergabung dalam sebuah tim atau komunitas parkour, biasanya kamu akan dilatih untuk melakukan gerakan-gerakan sederhana terlebih dahulu. Setelahnya kamu akan mulai melakukan gerakan yang lebih rumit dengan jarak dan rintangan.

2. Akrobatik

Seringkali disepelekan, ternyata akrobatik ini masuk ke dalam jenis olahraga ekstrim yang sangat populer di dunia. Ada banyak sekali gerakan yang masuk kedalam jenis akrobatik ini. Diantaranya adalah tari balet, senam, hingga sirkus.

Ketika kamu melakukan gerakan akrobatik seperti ini dibutuhkan koordinasi antar organ tubuh yang tepat dan presisi. Jika tidak, tentu saja potensi cedera akan muncul sangat besar. Gerakan akrobatik ini sendiri banyak diperlombakan di berbagai kejuaraan.

3. Terjun payung

Jenis olahraga ekstrim selanjutnya adalah terjun payung. Olahraga ini mengharuskan kamu untuk melompat dari pesawat dan melayangkan diri di ketinggian langit. Ketika mendekati daratan, kamu bisa melepaskan parasut sehingga mendarat dengan aman.

Tidak semua orang memiliki kapasitas untuk melakukan olahraga ekstrim satu ini. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki phobia ketinggian. Olahraga terjun payung ini akan memompa adrenalin kamu ke titik maksimal. Bagi mereka yang belum berpengalaman, biasanya akan ditemani oleh para instruktur terlebih dahulu ketika terjun.

4. Berselancar

Jarang orang tahu kalau berselancar ternyata masuk ke dalam jenis olahraga ekstrim. Bagaimana tidak, ketika kamu melakukan olahraga satu ini kamu akan berada di gulungan ombak dan harus berusaha menyeimbangkan diri di atasnya menggunakan papan selancar.

Risiko yang dimiliki olahraga satu ini tentu sangat tinggi dari mulai terseret arus hingga tenggelam. Namun peminat dari olahraga satu tidak pernah berkurang. Bahkan mereka sengaja mencari pantai dengan ombak yang berukuran besar karena jauh lebih menantang.

Seorang peselancar harus memiliki kemampuan yang mumpuni agar bisa menaklukkan ombak dan menyeimbangkan tubuh agar tidak tenggelam. Pada dasarnya melakukan olahraga ekstrem satu ini tidak semudah yang dibayangkan.

5. Panjat tebing

Jenis olahraga ekstrim yang terakhir adalah panjat tebing. Tidak bisa disangkal lagi kalau olahraga satu ini memiliki risiko yang sangat tinggi. Ketika melakukan panjat tebing, kamu harus memanjat dengan tingkat kemiringan yang beragam.

Semakin curam tebing yang dipanjat, tentu risikonya akan jauh lebih besar. Tidak main-main, risiko yang akan kamu dapat dari olahraga satu ini mulai cedera ringan, patah tulang hingga kematian.

Biasanya komunitas panjat tebing akan menggunakan sarana panjat tebing buatan terlebih dahulu untuk berlatih. Lalu barulah mereka menerapkan skill yang sudah dipelajari pada tebing sebenarnya.

Dari kelima olahraga ekstrem di atas mana yang pernah kamu lakukan? Apapun olahraga yang dipilih, pastikan untuk menguasainya terlebih dahulu baik secara teori maupun teknik. Jangan sembarangan dalam melakukan jenis olahraga ekstrim tersebut karena risikonya terlalu besar.

Exit mobile version